Yonif 147 Kesatria Garuda Jaya Lakukan Pendataan Ini di Namang

Loading

Detiknews.tv – Namang Babel |  Di Kecamatan Namang Kabupaten Bangka Tengah – Berlokasi wilayah Kecamatan Namang Bangka Tengah,Jumat (14/04/2023) Yonif 147/KGJ melaksanakan pendataan dan pemeriksaan kesehatan masyarakat yang menderita stunting juga sakit menahun.

Stunting adalah masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak. Stunting juga menjadi salah satu penyebab tinggi badan anak terhambat, sehingga lebih rendah dibandingkan anak-anak seusianya. Tidak jarang masyarakat menganggap kondisi tubuh pendek merupakan faktor genetika dan tidak ada kaitannya dengan masalah kesehatan. Faktanya, faktor genetika memiliki pengaruh kecil terhadap kondisi kesehatan seseorang dibandingkan dengan faktor lingkungan dan pelayanan kesehatan. Biasanya, stunting mulai terjadi saat anak masih berada dalam kandungan dan terlihat saat mereka memasuki usia dua tahun.

Pada kesempatan ini pula yang dilatar belakangi kepedulian Yonif 147/KGJ, dimana stunting masih menjadi ancaman nyata bagi masa depan anak – anak Indonesia serta sebagai upaya pembinaan teritorial satuan, dilakukan dengan mendata dan membantu masyarakat sekitar yang memiliki anak penderita stunting dan warga yang mengalami sakit menahun.

Berlokasi di Kecamatan Namang, Lettu Inf M. Panjaitan, selaku Dankima dan Letda Ckm dr. Bayu Prasesiaji selaku Dokter Yonif 147/KGJ beserta personel kesehatan, melaksanakan anjangsana ke Puskesmas Namang untuk mencari data masyarakat yang menderita stunting dan sakit menahun, dilanjutkan dengan mendatangi warga yang anaknya menderita stunting untuk kemudian dilakukan pemeriksaan juga untuk mendapat perhatian lebih lanjut.

Saat dibincangi awak media Danyonif 147/KGJ menyampaikan,

“Bahwa ini merupakan bentuk tindak lanjut dari perintah Bapak Kasad, selaku Duta Bapak Asuh Stunting (BAAS) untuk ikut serta dalam percepatan penanganan masalah stunting di lingkungan sekitar, serta sebagai langkah awal yang dilakukan Yonif 147/KGJ sebagai upaya pembinaan teritorial melalui bidang kesehatan,”Tuturnya.

Lebih lanjut Danyonif 147/KGJ memaparkan terkait kegiatan yang dilakukan satuannya.

“Kedepannya kami akan secara aktif bersinergi dengan instansi terkait untuk berikan bantuan kepada warga yang membutuhkan bantuan dibidang pelayanan kesehatan, khususnya anak-anak penderita stunting,”Terangnya.

Sedangkan Kepala Puskesmas Kecamatan Namang, dr.Ninda Asri menyampaikan pada kesempatan ini pula menyampaikan terimakasih.

” Terima kasih atas peran aktif Yonif 147/KGJ serta kepeduliaan terhadap kesehatan masyarakat, untuk mewujudkan lingkungan dan masyarakat sehat, serta terbebas dari stunting,”Pungkasnya. (Sandiman)

Redaksi Detiknews.tv

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hari Internasional Al-Quds, Ahlul Bait Indonesia Perjuangkan Kemerdekaan Palestina

Ming Apr 16 , 2023
Detiknews.tv – Pangkal Pinang | Ahlul Bait Indonesia (ABI) di Kota Pangkalpinang melakukan unjuk rasa atau demonstrasi (“demo”) di Lampu Merah Simpang 7 Jalan A. Yani Batin Tikal Kota Pangkalpinang, Jumat (14/04/2023). Unjuk rasa yang dilakukan itu sebagai bentuk protes terhadap penyerbuan pasukan pendudukan Israel kepada Palestina. Ust. Firman Saputra […]

Kategori Berita

BOX REDAKSI