27 Tersangka Kasus Karhutla Tertangkap

Loading

Detiknews.tv – Palembang, Brigjen Pol Rudi Setiawan Selaku Wakapolda Sumsel menunjukkan barang bukti ketika memberikan konferensi pers perkembangan kasus Karhutla di Palembang, Senin (23/9/2019).

Telah ditetapkan 27 tersangka kasus Karhutla telah ditingkatkan dari penyelidikan menjadi penyidikan karena cukup bukti untuk diajukan ke jaksa penuntut umum dan dilimpahkan ke pengadilan, terangnya

Jumlah tersangka kasus Karhutla di wilayah hukum Polda Sumatera Selatan bertambah, dari 23 tersangka kini menjadi 27 tersangka yang diamankan dari wilayah Kabupaten Musi Banyuasin, Banyuasin, Ogan Ilir, dan Kabupaten Ogan Komering Ilir.

“Selama dua bulan ini telah dilakukan penegakan hukum 20 laporan polisi yang melibatkan 27 tersangka dari masyarakat/petani” kata Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan ketika memberikan keterangan pers perkembangan penegakan hukum Karhutla di Palembang.

Tersangka diduga melakukan pembakaran secara sengaja dan lalai menjaga lahan yang dimilikinya sehingga mengakibatkan terjadi kebakaran areal hutan produksi 1.745 hektar dan 39 hektar lahan perkebunan rakyat.

Berdasarkan barang bukti yang dikumpulkan penyidik di lokasi lahan yang terbakar, keterangan saksi masyarakat sekitar dan saksi ahli, tersangka yang dijerat dengan pelanggaran Undang-Undang Lingkungan Hidup dan Kehutanan berkas perkaranya bisa segera diajukan ke penuntut umum untuk disidangkan di pengadilan negeri.

Dia menjelaskan, tersangka kasus Karhutla terutama dari pihak perusahaan dinilai lalai menjaga lahannya sehingga terjadi kebakaran yang cukup luas dan menjadi penyumbang polusi asap.

Pihak perusahaan pemilik lahan konsesi seharusnya menyiapkan peralatan pemadam kebakaran dan melakukan berbagai upaya pencegahan agar lahannya tidak terbakar selama musim kemarau.

Akibat tidak adanya persiapan peralatan memadai dan tindakan pencegahan yang maksimal, sehingga terjadi kebakaran besar di areal hutan Produksi yang menjadi konsesi perusahaan di kawasan Musi Banyuasin itu, kata Wakapolda.

 

Laporan : Andre

Redaksi Detiknews.tv

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dirlantas Polda Sumsel Sosialisasikan Smart SIM

Sel Sep 24 , 2019
Detiknews.tv – Palembang, Dirlantas Polda SumselĀ  Kombes Pol Dwi Asmoro memperkenalkan Smart Sim, produk baru dari kepolisian ini berlangsung bertepatan pada perayaan ulang tahun Polisi Lalu Lintas Bayangkara ke 64 Minggu 22 September 2019 dan mulai diberlakukan pada 23 September 2019.(24/9/2019) Dwi menerangkan Smart SIM dan SIM online untuk tahap […]

Kategori Berita

BOX REDAKSI