Sidang Isbat tentukan Lebaran 2019

Loading

Ilustrasi pemantauan hilal. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

 

Detiknews.tv – Jakarta, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan akan memimpin sidang yang diikuti para ulama, pakar astronomi, tokoh organisasi kemasyarakatan Islam,  delegasi negara sahabat dan unsur terkait lainnya.

Kegiatan sidang Isbat itu diawali paparan secara terbuka mengenai posisi bulan sabit baru (hilal) berdasarkan data astronomi (falak) oleh pakar astronomi.

Dalam menetapkan 1 Syawal 1440 H ini, Kemenag memadukan dua metode yaitu melalui perhitungan Astronomi ( hisab ) untuk menentukan posisi pasti Hilal. Kemudian akan didapatkan prakiraan letak bulan baru dan dikonfirmasi dengan melihat hilal secara langsung (rukyat).

Penetapan hari besar Islam sendiri pada umumnya menggunakan patokan penanggalan Lunar atau Qomariyah. Sistem kalender tersebut menggunakan bulan sebagai dasar perhitungan astronomi dan dituangkan dalam kalender Hijriyah.

Jika Hilal tidak disaksikan oleh para perukyat, Senin petang ditetapkan sebagai malam 30 Ramadhan dan 1 Syawal jatuh pada Rabu (05/06/2019).

 

( Berita ini dilansir dari CNNIndonesia, dengan judul Kemenag Gelar Sidang Isbat Lebaran 2019 Sore Ini )

Redaksi Detiknews.tv

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

BOM Bunuh Diri Terjadi Di Kartasura Jawa Tengah, Pelaku Tergeletak Di TKP

Sen Jun 3 , 2019
Detiknewstv – Kartasura, Pukul 22.30 wib di jalan Ahmad Yani Bundaran Kartasura, Jawa Tengah, telah terjadi bom bunuh diri, kronologis Peristiwa Kejadian , Pada hari Senin tanggal 03 Mei 2019 sekitar pukul 22.20 Wib saksi mata melihat peristiwa Bom Bunuh Diri mengaku melihat pelaku pada saat membetulkan Toa di pos […]

Kategori Berita

BOX REDAKSI