Putra-Putri Palembang Darussalam Cikal Bakal Pewaris Budaya, Dapatkan Pembekalan

Loading

Detiknews.tv-Palembang | Finalis Putra Putri Palembang Darusssalam ( P3D) menerima pembekalan materi dari nara sumber Kesultanan Palembang Darussalam oleh Sejarawan Kemas Ari Panji, dilanjutkan dengan belajar dan Praktek Hidangan jamuan makan Palembang , seperti tata cara Idangan dan Ngobeng, Bolo Sebatang, dan juga minum kambangan, pembekalan materi kali ini di dampingi juga oleh budayawan Vebri Allintani, Isnayanti dan Founder Putra Putri Palembang Darussalam Kiki Kirana, bertempat di Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam, Sabtu, 09/04/2022.

Menurut Kiki Kirana Istana Adat hari ini kebetulan mendapat kunjungan tamu dari Malaysia, GISB Holdings dan melakukan MOU bersama kesultanan Palembang Darussalam, serta dilanjutkan dengan buka puasa, solat berjamaah dan makan idangan nasi minyak bersama, adapun penyajiannya di lakukan langsung oleh perwakilan dari beberapa finalis dengan tata cara yang sudah dipelajari sebelumnya.

Kegiatan seperti ini akan di lakukan setiap sabtu dan minggu selama bulan puasa, dengan materi yang berbeda, untuk hari Minggu materi yang diberikan berupa mengenal sejarah Sultan Mahmud Baddaruddin 2 dan dilanjutkan dengan materi mengenal kain khas Palembang terang Kiki.

Selanjutnya untuk tanggal 16 – 17 April 2022,  Sabtu dan  Minggu berikutnya kegiatan akan dilaksanakan di Musium Balaputra Dewa berupa kegiatan mengenal sejarah musium dan objek wisata beserta benda benda yang ada dimusium, kegiatan akan dibuat semacam uji ketangkasan dan mencari jejak serta paparan langsung oleh finalis P3D, dan dilanjutkan Minggunya belajar bebaso Palembang di UIN Raden Fatah tambah Kiki.

Kiki juga menjabarkan bahwa kegiatan-Kegiatan ini masih berlanjut antara lain dengan pembekalan materi dari Dewan Kesenian Palembang yang Ketuanya Ms. Iqbal Rudianto,  merupakan salah satu juri untuk menilai dibidang wawasan seni peserta, khususnya seni yang ada di Palembang Sumsel, materi yang akan di berikan oleh Dewan Kesenian Palembang yaitu mengenal musik batang hari sembilan oleh Sdr. Ali Goik, dan Mengenal Teater bangsawan dan Dulmuluk oleh Randy, pada hari Jumat, 22 April 2022 Jam 13.00 sd  Selesai,  dilanjutkan dengan buka puasa bersama jamuan dari Dewan Kesenian Palembang di Guns Cafe & Resto.

Selanjutnya peserta masih akan disibukkan dengan kunjungan media partner, belajar table manner, kepribadian, belajar catwalk dan beauty class bersama pihak sponsor dan mitra kita.

Selain itu Putra Putri Palembang Darussalam (P3D) akan di bekali dengan pengetahuan tentang adat istiadat, cara berpakaian yang ada di Kesultanan  Palembang  Darussalam Khususnya dan Sumsel Umumnya, juga  pengetahuan tentang masakan dan kuliner khas Palembang dan praktek membuat kuliner khas palembang bersama Komite Ekonomi Kreatif dan Pempek Beringin, dan mengenal juada khas palembang  bersama komunitas PPKN ( Pedagang dan Pencinta Kuliner Nusantara).

Tidak hanya itu untuk pembekalan kepemudaan dan cinta tanah air dan bangsa, materi akan diberikan langsung oleh ketua DPP Gencar Indonesia, Charma Afrianto, SE dan pembekalan tak kalah penting lainnya  untuk materi keagamaan para finalis juga akan di godok dengan ilmu agama dari Kesultanan Palembang Darussalam.

Insya Allah setelah itu akan di adakan karantina dan fokus untuk  finalis tampil di semi final dan final, dengan konsep Palembang Darussalam yang kita siapkan dan dan tentunya support oleh pemerintah dan  dinas terkait sangat diharapakan, Disbudpar Sumsel, Dispora kota Palembang, Dispar dan disbud kota Palembang, juga dinas pendidikan kota maupun provinsi. Support juga kita dapatkan dari  Masata, PHRI, PSMTI (Paguyupan Sosial Marga Tionghoa Indonesia) Sumsel,  Dewan Kesenian Palembang, Guns Cafe, Gencar Indonesia,  Tailor Indonesia dan Perkumpulan MUA, tak lepas dari support venue kegiatan Opi Mall, Palembang Square Mall, Palembang Icon dan Palembang Indah Mall bersama Exotica, dan Kirana Entertainment sebagai Event Organizer sambung Kiki.

Besar harapan kita bersama semoga kegiatan ini menjadi ajang bergengi melahirkan bibit bibit baru menjaga menerus dan pewaris budaya dan berlangsung sukses dan spektakuler aamiin, pungkasnya. (Kirana Edelweis)

Redaksi Detiknews.tv

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kelistrikan Bangka Semakin Andal dan Efisien

Ming Apr 10 , 2022
  Detiknews.tv – Bangka | Beroperasinya Sistem Interkoneksi 150 kV Sumatera – Bangka yang terhubung melalui kabel bawah laut kini menjadi angin segar untuk perkembangan investasi di Pulau Bangka. Proses interkoneksi sistem kelistrikan Sumatera-Bangka yang berlangsung pada tanggal 26 Maret 2022 lalu sudah ditunggu-tunggu kalangan investor sejak tahun 2021, terutama […]

Kategori Berita

BOX REDAKSI