Polres Lahat Gelar Operasi Pengamanan Sidang Perselisihan Pemilu 2019

Loading

Detiknews.tv – Lahat, Bertempat di halaman Mapolres Lahat hari ini kamis (13/06/2019) berlangsung Apel konsolidasi operasi ketupat Musi 2019 dan persiapan pengamanan sidang perselisihan Pemilihan Umum tahun 2019.

Turut hadir dalam upacara tersebut Kapolres Lahat AKBD Ferry Harahap, SIK, Asisten 1 Ransi,S.ip.MM, Kajari Lahat Jaka Suparna,SH, Ketua Pengadilan Negeri Lahat, Kadishub Lahat, kalaks BPBD Lahat, Kasubdenpom Lahat, Danramil Merapi, perwakilan dari Dinas Kesehatan, serta di hadiri juga oleh jajaran personil Polres Lahat.

Dalam amanat dari Kapolda Sumsel yang di bacakan langsung oleh Kapolres Lahat AKBP Ferry Harahap,SIK. Pertama-tama saya sampaikan ucapan terima kasih pada seluruh peserta upacara pada pagi ini kita dapat hadir bersama untuk melaksanakan apel konsolidasi pasukan operasi ketupat Musi tahun 2019 dan persiapan pengamanan sidang perselisihan pemilihan umum Pileg dan Pilpres Provinsi Sumatera Selatan tahun 2019.

” Pada kesempatan yang baik ini masih dalam suasana Lebaran saya atas nama pribadi dan Kapolda Sumatera Selatan mengucap Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Bathin semoga semangat kesucian hari Raya Idul Fitri memberikan semangat kepada kita semua dalam menjaga Kamtibmas di Provinsi Sumatera Selatan,” ujar Kapolres Lahat.

Operasi Ketupat Musi tahun 2019 digelar selama 14 hari yaitu terhitung mulai hari Rabu tanggal 29 Mei 2019 sampai dengan hari Senin tanggal 10 Juni 2019. Selama operasi ketupat Musi 2019 dilaksanakan situasi Kamtibmas di Provinsi Sumatera Selatan dalam keadaan aman dan kondusif hal tersebut ditandai dengan tidak adanya aksi serangan teror dapat ditekannya gangguan keselamatan yang meresahkan masyarakat maupun aksi intoleransi dan kekerasan, serta terpeliharanya stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok di tengah masyarakat.

Keberhasilan juga diwujudkan kelancaran arus mudik dan arus balik berkat dioperasikannya Tol Lampung – Palembang, ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh stakeholder terkait antara Polri TNI dan seluruh pemangku kepentingan lainnya.

Dalam rangka pengamanan Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2019 hingga tercapainya tujuan operasi ketupat 2019 yaitu terjaminnya rasa aman masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa dan merayakan Idul Fitri 1440 Hijriah serta terwujudnya Kamtibmas dan Konsultatif berjalan dengan aman dan lancar.

Adapun hasil evaluasi selama operasi ketupat Musi tahun 2019 yaitu pelanggaran lalu lintas sebanyak 2074 perkara dengan Mengalami penurunan sebanyak 10% dibanding tahun 2018 sebanyak 2292, perkara kecelakaan lalu lintas terjadi sebanyak 17 kasus mengalami kenaikan sebanyak 6% dari tahun 2018 yaitu 16 kasus, korban meninggal dunia yaitu sebanyak 11 yang meninggal dunia sehingga Mengalami penurunan sebanyak 27% dari tahun 2018 sebanyak 15 orang.

Dalam kesempatan yang penuh dengan semangat kebersamaan ini kita akan melaksanakan persiapan pengamanan sidang perselisihan hasil pemilihan umum Pileg dan Pilpres tahun 2019 sidang permohonan sengketa hasil Pemilu Pilpres di Mahkamah Konstitusi ini akan dilaksanakan pada tanggal 11 sampai dengan 12 Juni 2019 dan sidang permohonan sengketa pileg akan dilaksanakan pada tanggal 1 Juli sampai dengan 9 Agustus 2019 melalui siaran video conference untuk wilayah Sumatera Selatan akan dilaksanakan di Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya Indralaya Kabupaten Ogan Ilir.

Adapun sengketa Pemilu tahun 2019 di Provinsi Sumatera Selatan yang akan dilaporkan kepada Mahkamah Konstitusi sebanyak 27 laporan semua laporan tersebut terkait sengketa pemilihan legislatif 2 laporan sengketa DPR RI, 4 laporan sengketa DPRD Provinsi dan 21 laporan sengketa DPR RD kabupaten kota untuk mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan pengamatan tersebut. Ada beberapa Perhatian untuk menjadi pedoman sebagai berikut.

Persiapkan secara maksimal seluruh aspek penyelenggaraan pengamanan hal tersebut bertujuan untuk pengamanan perselisihan hasil pemilu umum dapat terselenggara dengan sukses aman dan lancar. Jaga dan pelihara soliditas dan sinergitas antara TNI Polri dan Stakeholder lainnya hindari pelanggaran dan perilaku yang dapat mencederai keberhasilan pelanggaran pengamanan Laksanakan pengamanan sesuai dengan standar operasional prosedur dan tidak diperkenankan melakukan tindakan di luar seperti tindakan kekerasan dan arogansi anggota.

Melakukan razia terhadap barang yang membahayakan seperti petasan untuk mengantisipasi dipergunakan dalam pengunjuk rasa untuk menyerang personil pengamanan. Lakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan fungsi intelijen Imas melalui bhabinkamtibmas untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang di masyarakat sehingga setiap permasalahan yang berpotensi mengganggu proses sidang tersebut dapat di antisipasi sedini mungkin dan tidak menimbulkan dampak yang lebih luas yaitu konflik sosial.

Tampilkan sikap personel Polri sebagai pelindung pengayom dan pelayan masyarakat serta sosok personel Polri yang berkarakter penolong bersahabat serta sebagai Mitra masyarakat Polri yang Humanis.

(Reporter. : Bambang. MD)

Redaksi Detiknews.tv

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Marwah RY Studio | Fotografer Video Shooting Dan Editing

Kam Jun 13 , 2019
”Pastikan anda mengabadikan momen berharga di hari yang paling indah bersama Pasangan, Keluarga, Teman dan Rekan-rekan Anda” bersama Wedding Photographer Professional : Marwah RY Studio. Marwah RY Studio melayani : Foto Pra Wedding, Wedding  dan juga menerima Shoting Udara (drone). Alamat : Jalan Tua Pati Naya, Rusun Blok 21 lantai […]

Kategori Berita

BOX REDAKSI