Mencemaskan, Di Duga Limbah Medis Covid-19 Bercampur Sampah Di Buang Dipingir Jalan Raya

 848 total views,  8 views today

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Mau Kami Bacakan Klik Disini”]

Detiknews.tv – Pagaralam  | Limbah medis dari penanganan pasien terkait Covid-19 ditemukan di pingir jalan lintas terminal Kecamatan Pagaralam Utara Kota Pagaralam Sumsel, Sabtu (20/02/2021).

Temuan tersebut berdasarkan  investigasi wartawan dilapangan pada hari kamis 17/02/2021 Kemarin Limbah medis yang ditemukan yakni Kotak Jarum suntik , sarung tangan, dan tisu.

Pihak Dinas Kesehatan Kota Pagaralam saat di mintai keterangan oleh awak media, belum dapat mengklarifikasi akan adanya perihal sampah medis ini  yang sengaja dibuang  secara sembarangan sejauh ini pihak dinas  kesehatan seolah menutup diri, untuk di konfirmasi. yang sengaja dibuang  secara sembarangan sejauh ini pihak dinas  kesehatan seolah menutup diri, untuk di konfirmasi.

Sementara itu  Pihak Dinas kesehatan yang berhasil di hubungi awak media, Kepala yang membidangi Promosi kesehatan (Kabid Prokes), dr Susi osdar, saat di konfirmasi menenerangkan untuk langsung menghubungi pihak lain, dalam mengklarifikasi terkait hal ini aduuu, kok dak tau, ini bukan jam kerja, kepala dinas saya ada, sekretaris saya ada, pimpinan puskesmasnya ada, ini saya ada acara kemalangan,” tutup dr Susi dari saluran handphone miliknya.

Disisi yang lain  terkait hal ini Sekretaris Daerah kota Pagaralam Drs Samsul Bahri Burlian Msi kepada tim pencari fakta menjelaskan, dirinya akan memerintahkan pihak terkait untuk melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap penghasil limbah medis.

Selain itu dirinya menjelaskan akan menerapkan aturan sesuai perundang-undangan yang berlaku.

“belum diketahui  sumber yang membuang sampah medis tersebut, Kami akan memerintahkan Dinas terkait untuk melakukan pembinaan  dan pengawasan kepada  instansi yang menghasilkan sampah medis baik instansi pemerintah maupun swasta, Sampah medis tersebut harus ditangani sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku.” tegasnya

ditambahkan Samsul “menginggat dalam penangganan limbah medis, bagi Instansi atau lembaga pemerintah atau swasta sudah melakukan MOU dengan RSUD Besemah. Sampah medis dikirim ke RSUD Besemah, Selanjutnya pihak RSUD akan mengirim sampah medis tersebut ke pihak ke 3 di jakarta,karena RSUD ada MOU dengan pihak ke 3. ” Ungkapnya.

Sementara secara terpisah Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pagaralam Joni SE MM mengatakan, “untuk sampah medis itu semuanya sudah kita serahkan kepada Dinas Kesehatan yang mengambil alih, hasil dari pada sosialisasi sudah lama kita sampaikan, dalam penyuluhan kita kumpulkan semua dari Dinas Kesehatan maupun dari Bidan Puskesmas sudah  ada kesepakatan, itu di bawa binaan Dinas Kesehatan dan telah ada MOU dari Rumah Sakit, jadi kami dari Dinas lingkungan Hidup tidak boleh campur tangan dalam  hal sampah medis ini, karena nantinya akan menyalahi aturan.” Ujarnya. [Mr]

Redaksi Detiknews.tv

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Syukuran LBH IWO, Jodhi Yudono: LBH Untuk Seluruh Masyarakat Indonesia

Ming Feb 21 , 2021
 849 total views,  9 views today Detiknews.tv – Jakarta | Syukuran Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Ikatan Wartawan Online (IWO) dilakukan secara sederhana bertempat di Rukan Fifty 5 Jl. Arteri Kelapa Gading Jakarta pada Minggu (21/02/2021). Dalam acara tersebut Ketua Umum LBH IWO Dwight George Nayoan, SH atau Sandy Nayoan mengungkapkan dukungannya terhadap […]

Kategori Berita

BOX REDAKSI