Kodim 0418/Palembang Gelar Wasbang Untuk Generasi Milenial

Loading

Detiknews.tv – Palembang, Dalam rangka memperingati Hari Lahirnya Pancasila Tahun 2019, Kodim 0418/Palembang menggelar acara Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dengan tema “Generasi Milenial Indonesia Pendukung dan Pembela Pancasila, di Aula MAN 3 Jalan Inspektur Marzuki Kecamatan Ilir Barat I Kota Palembang, Jum’at (28/6/2019).

Acara tersebut, dihadiri langsung Dandim 0418/Palembang Letkol Inf Honi Havana, serta turut pula dihadiri oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI Prof Dr Hariyono, Dir Pembudayaan BPIP RI Iren Camelin Sinaga AP, M.Pd, Danrem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono dan Asisten I Pemkot Drs H Faizal AR dan Wakil Bupati Pali Ferdian Andreas Lacony.

Kemudian, Kasat Binmas Polresta Palembang Kompol Farida Afrila, Ustadz Syahroni, kaban Kesbangpol, GM Telkomsel, Satgas BNPT Sumsel, GM Bukit Asam, Ketua PHRI Sumsel, para Pasi beserta Danramil 0418/Palembang, 13 BEM Universitas di Kota Palembang, HMI Kota Palembang, para Siswa/Siswi MAN 3 Palembang dan para tamu undangan penting lainya.

Dalam kata sambutanya, Danrem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono mengatakan, pada kesempatan yang baik ini saya ingin menyampaikan apresiasi kepada Dandim 0418/Palembang yang sudah memprakarsai terselenggaranya Wasbang ini.

“Semoga melalui acara ini, semakin dapat memantapkan pemahaman serta sekaligus menambah pencerahan para peserta mengenai hal yang berkaitan dengan Wasbang,” ujar Danrem.

Waka Humas Man 3, Abu Soma mengatakan, saya berharap Siswa/Siswi MAN 3 yang mengikuti kegiatan Wasbang ini dapat memahami dan mengerti dengan Wasbang.

“Melalui kegiatan ini, semoga bisa menjadi generasi muda yang siap mendukung dan menjadi pembela Pancasila serta menjadi pelopor pembangunan bangsa di masa yang akan datang,” tuturnya.

Sementara itu, dalam penyampaian materinya, Dandim 0418/Palembang, Letkol Inf Honi Havana mengatakan, bahwa dengan pemahaman Wasbang akan memancarkan kualitas dan ketangguhan bangsa dalam menghadapi berbagai ancaman terhadap eksistensi suatu negara.

“Semangat kebangsaan atau nasionalisme merupakan bagian dari Wasbang berdasarkan Pancasila sebagai ideologi,” kata Dandim.

Pancasila merupakan pendorong dan motivasi dalam mengisi kemerdekaan serta pembangunan guna mempertahankan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sekaligus sebagai manivestasi dari kesadaran bela negara.

“Berbagai fakta dan fenomena yang berkembang menunjukkan bergesernya nilai etika dalam kehidupan berbagsa dan bernegara, semua itu ditandai oleh kemerosotan akhlak serta degradasi wawasan kebangsaan, seperti yang tercermin dalam perilaku yang lebih mengedepankan nilai-nilai individualisme,” jelas Dandim.

Untuk itu, saya berharap agar para generasi milenial Indonesia dapat menjadi pelopor Pancasila karena Pancasila adalah yang terbaik untuk bangsa Indonesia serta selaras dengan ajaran agama.

“Untuk membentuk generasi milenial Indonesia, maka diperlukan ketangguhan diri, yaitu pemuda milenial harus setia kepada negeri ini, pemuda milenial harus semangat berbangsa dan bernegara, serta pemuda milenial harus tangguh ideologinya,” terang Dandim.

Ketua BPIP RI Prof Dr Hariyono menambahkan, Pancasila merupakan alat pemersatu Bangsa Indonesia. Maka dari itu, mari kita suarakan lagi Pancasila untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, demi kemajuan bangsa serta negara untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat kita.

“Maka, saya berharap kegiatan Wasbang yang seperti dilakukan Dandim 0418/Palembang ini dapat terus dilaksanakan, karena pada abad-abad ini, nilai-nilai Pancasila digenerasi muda mulai turun,” ucap Prof Hariyono.

Kami ingin, para peserta Wasbang untuk bisa mengamalkan dan menjalankan serta menularkan ajaran Pancasila dikehidupan sehari-hari.

“Melalui kesempatan ini, saya ingin menyampaikan tiga hal positif dalam menerima info di Medsos, yaitu selalu mempertanyakan info yang diterima (benar/hoax), lalu apabila benar info ini baik apa buruk dan menyelidiki apakah info ini bermanfaat atau tidak, jangan langsung mengeshare lagi ke Medsos untuk mencegah penyebaran isu-isu hoax,” pungkas Prof Hariyono.

Usai mendengarkan kata sambutan dan Wasbang, acara dilanjutkan dengan dialog dan tanya jawab. Selanjutnya, pemberian cinderamata dari Dandim 0418/Palembang kepada Ketua BPIP RI.

Selanjutnya, Dandim 0418/Palembang memberikan kuis pertanyaan dan pemberian hadiah kepada para peserta Wasbang yang memenangkan kuis.

Ferrizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kodam II/Swj Gelar Rakor Kesiapan Satgas Pengendalian Karhutla Provinsi Sumsel

Jum Jun 28 , 2019
Detiknews.tv – Palembang, Dalam rangka mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Sumsel, Kodam II/Swj melaksanakan Rapat Koordinasi Penyiapan Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2019, Jum’at (28/6/2019), di Ruang rapat Pusat Komando dan Pengendalian Kodam (Puskodaldam) II/Swj, Makodam II/Swj Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 […]
Img 20190628 Wa0077

Kategori Berita

BOX REDAKSI