Hadirkan Cahaya Bagi Warga Pesisir Timur OKI, 7 Desa di Sungai Menang Segera Diterangi Listrik

 1,971 total views,  5 views today

Detiknews.tv – Palembang | Dalam upaya menghadirkan cahaya bagi warga pesisir timur Ogan Komering Ilir (OKI), tim PLN Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UP2K S2JB) mulai melakukan survey lokasi guna rencana penarikan Jaringan Tegangan Menengah (JTM). Survey tersebut dilaksanakan sebagai langkah awal dalam rangka melistriki 7 Desa Perairan di Sungai Menang, Kabupaten OKI. Kegiatan survey ini sangat penting mengingat medan yang harus dilalui dalam upaya mobilisasi personil serta peralatan kelistrikan cukup menantang. Rawa dan sungai yang terbentang mulai dari Simpang Sekuin menuju 7 desa prioritas jaringan listrik memiliki akses darat yang belum memadai.

Manager UP2K Sumsel, Ramdani Agustiansyah mengatakan, belum ada jalan darat untuk mengakses desa-desa tersebut.
“Kami harus lakukan survey kelayakan terlebih dahulu. Pemasangan tiang direncanakan melalui tanggul di sebelah kanal-kanal dan jalan yang berada pada kawasan perkebunan serta kawasan hutan, hal ini cukup menantang mengingat warga biasanya menggunakan kendaraan air untuk mengakses desa-desa tersebut” ungkap Ramdani.

Sebelumnya, PLN telah berhasil melistriki 10 dari 18 Desa di Kecamatan Sungai Menang, 7 diantaranya dioperasikan pada tahun 2021 yaitu Desa Bumi Pratama Mandira, Desa Talang Makmur, Desa Harapan Jaya, Desa Sungai ceper, Desa Gajah Mati Dusun 5, Desa Sungai pasir Dusun Lebong Sepat, dan desa Sungai Sibur Dusun 2. Untuk mewujudkan hal tersebut beberapa langkah sudah ditempuh PLN, yaitu dengan membangun jaringan listrik SUTM sepanjang 59,27 kilometer sirkit (kms), SUTR 30,09 kms, Gardu Distribusi 600 kVA dan 4 unit tower yang menyeberangi Sungai Mesuji selebar 549 meter dari Kabupaten Mesuji di Provinsi Lampung menuju Desa Bumi Pratama Mandira di Kecamatan Sungai Menang Kabupaten OKI Provinsi Sumsel. Selanjutnya PLN UIW S2JB juga bersinergi dengan Dinas PU Kabupaten OKI dalam melakukan STO jaringan listrik SUTM desa Sungai Ceper sepanjang 15 kms, serta melakukan koordinasi dengan Perkebunan Sampoerna Group untuk pembangunan jaringan listrik yang berada dalam kawasan milik Sampoerna Group.

Selanjutnya, dengan dukungan Pemprov Sumsel, Pemkab OKI, serta Pemda Setempat, PLN akan mengupayakan 7 Desa dialiri listrik di tahun 2022-2023. Adapun 7 desa tersebut antara lain Desa Gajah Mati, Gajah Mukti, Gajah Mulya, Gajah Makmur, Sri Gading, Gading Mas dan Gading Jaya. (red)

Redaksi Detiknews.tv

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ikuti Ajang Pemilihan Putra Putri Palembang Darussalam

Jum Mar 11 , 2022
 1,972 total views,  6 views today Detiknews.tv – Palembang | Milad ke-356 Kesultanan Palembang Darussalam (KPD) menjadi momen untuk memperkuat marwah Palembang sebagai kota Darussalam. Hal ini terlihat dari sejumlah rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan selama bulan Maret 2022.“Para kontestan nantinya menggunakan pakaian adat di era Palembang dulu. “Dari segi pakaian, untuk […]

Kategori Berita

BOX REDAKSI