BPOM Palembang Sosialisasikan “Cek KLIK”

Loading

Detiknews.tv – Palembang, Untuk memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam memilih produk untuk dikonsumsi, BPOM Palembang menggelar talkshow “Ayo Cek KLIK Pilih Obat dan Makanan yang Aman” di lantai 3 Transmart Palembang, Sabtu (7/9/2019).

Di hadiri Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel, Yustianus, Kepala Balai Besar POM Palembang, Hardaningsih, Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumsel, Taufik Husni dan Ketua Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (APRINDO) Sumsel, Hasannuri A.R.

Kepala Balai Besar POM Palembang, Hardaningsih mengatakan BPOM mensosialisasikan kepada masyarakat dalam membeli barang- barang obat- obatan maupun bahan makanan harus melakukan Cek KLIK yakni Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar dan Cek Kadaluarsa.

Selain itu juga dijelaskan bahwa untuk izin edar dan keterangan lebih lengkap mengenai suatu produk, lebih lengkapnya unduh aplikasi BPOM Mobile di Playstore. Penggunaan aplikasi tersebut sangat mudah dengan memindai dua dimensi barcode yang ada pada setiap kemasan melalui aplikasi BPOM Mobile dan langsung akan tertera keterangan lebih lengkap mengenai suatu produk tersebut baik dari obat, kosmetik maupun makanan.

“Sesudah dipindai akan keluar informasi seperti nama produk, jumlah netto, nama produsennya, nomor izin edar, dan lain sebagainya termasuk produk tersebut dipasarkan dimana. Akan tetapi hingga saat ini proses data dan keterangan dari setiap produk perusahaan tertentu masih bertahap untuk setiap perusahaan yang telah terdaftar di BPOM, khususnya bagi produsen obat-obatan karena mereka harus mencetak label kembali dan juga harus memperbaharui dua dimensi barcodenya, oleh karena itu diberikan waktu hingga 2023 untuk pembaharuan kemasan tersebut,” terangnya.

Lanjutnya, dalam aplikasi tersebut juga ada pengaduan yang di tanggapi dan ditindak lanjuti oleh Customer Service, tetapi masyarakat juga bisa menelpon langsung ke CS BPOM melalui Halo BPOM di nomor telepon 1500533.

Hardaningsih juga mengatakan untuk tahapan tahun 2020, BPOM Palembang juga akan menggaet para pengusaha makanan berbasis Online dan bekerjasama dengan aplikasi Ojek Online yang ada di Kota Palembang untuk diberi Sertifikasi juga.

 

( Laporan : Andre)

Redaksi Detiknews.tv

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Gudang yang Diduga Penampungan BBM di Lokasi Proyek PT CK Mencemaskan Warga

Sab Sep 7 , 2019
Detiknews.tv – PALI, Warga di Desa Tanjung Kurung, Kecamatan Abab Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Provinsi Sumatera Selatan mencemaskan keberadaan gudang yang diduga dijadikan tempat penimbunan BBM jenis solar dilokasi Proyek PT CK yang dekat dengan pemukiman warga. Kekuatiran warga bukan tanpa alasan karena warga menjadi cemas jika BBM […]

Kategori Berita

BOX REDAKSI