Asuransi Usaha Tani Padi Usaha Kementan Lindungi Petani Dari Kerugian

Loading

Detiknews.tv – Palembang, Direktorat Pembiayaan Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong para petani di provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang tergabung dalam program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) untuk mengikuti program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP).

Direktur Pembiayaan Pertanian Kementan, Indah Megahwati mengatakan, dari target pengembangan program Serasi sebanyak 200 ribu hektar di Sumsel disarankan petaninya mengikuti AUTP.

“Kami upayakan semua untuk ikut asuransi program pemerintah,” ujar Indah saat diwawancarai media di Desa Sako Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin, Sumsel, Rabu (21/08/2019).

Dijelaskan Indah, program asuransi pertanian yang dilaksanakan Kementan saat ini adalah dalam upaya menjalankan amanat UU Nomor 19/2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani. Dalam program ini, petani padi hanya dengan membayar premi sebesar Rp36 ribu perhektar setiap musim.

“Jika terdapat musibah, baik itu banjir di musim hujan ataupun kekeringan di musim kemarau, atau terkena hama penyakit, para petani akan dapat penggantian sebesar Rp6 juta perhektar,” katanya.

Dikatakan juga, upaya pemerintah dan pemerintah daerah mengikutkan petani program Serasi dalam program AUTP merupakan salah satu strategi untuk mencapai target kepesertaan AUTP di Sumsel yang saat ini masih sekitar 29 persen.

“Kami inginkan pada akhir Agustus dengan adanya kerja sama program Serasi di tiga provinsi yakni Kalimantan Selatan, Sumsel dan Sulawesi Selatan akan merangkul sekitar 60 persen petani yang,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian Dinas Pertanian Provinsi Sumsel, Darwan Agus mengatakan, saat ini luas lahan sawah di Sumsel mencapai 739 ribu hektar.

“Untuk saat ini luas lahan yang kita ikutsertakan dalam program AUTP sebanyak 35 ribu hektar. Ini kan baru permulaan, nantinya akan kita tingkatkan lagi,” ucap Darwan.

Di Sumsel, kata Darwan, daerah yang masuk dalam program AUTP untuk tahap awal ini diantaranya Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur seluas 10 hektar, Banyuasin 10 hektar, Ogan Komering Ilir 7 hektar.

“Sisa lainnya yakni Musi Rawas, Ogan Komering Ulu, Musi Banyuasin, Muara Enim, Ogan Komering Ulu Selatan dan Kota Palembang. Kita targetkan 4-5 tahun kedepan semuanya sudah masuk asuransi,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Kelompok Tani Mekar Sari Desa Sako, Ali Yohan mengatakan, pihaknya sudah mengetahui dengan adanya program AUTP dari Kementan tersebut.

“Kita sudah tahu, namun minat petani disini kurang terlihat karena masih kurangnya sosialisasi. Kita belum tahu tata cara ikut program itu, jadi kita ini masih ragu,” ungkapnya.

Adanya program perlindungan terhadap pangan petani yakni padi, membuat para petani di wilayah tersebut merasa lega dikarenakan tidak takut akan ancaman gagal panen.

“Petani disini ada 46 orang dengan luas total lahan yang dimiliki mencapai 30 hektar. Sampai saat ini kita belum pernah mengalami gagal panen karena kita mensiasatinya dengan cara ketika musim kemarau tiba kita panen, tapi ketika musim hujan kita akan tanam,” tandasnya. ( Mdn )

Redaksi Detiknews.tv

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Untuk Pertama Kali nya Kades Sungai Lilin Ajak Seluruh Perangkat Desa dan Masyarakat Upacara HUT RI

Jum Agu 23 , 2019
( Kamerawan : Marwah RY )

Kategori Berita

BOX REDAKSI