Anti Nunggak dan Putus Listrik, PLN Sediakan Aplikasi PLN Mobi

Loading

 

Detiknews.tv – Palembang | Pelanggan PLN disarankan membayar listrik tepat waktu sebagai upaya partisipasi membangun daerah. Pasalnya, membayar listrik tepat waktu berarti membantu pengumpulan pajak daerah yang dibayarkan untuk pembangunan masing-masing daerah. Keterlambatan pembayaran tagihan listrik tentu ada konsekuensinya.

Dalam rilis resminya, Sendy Rudianto, selaku Manager Komunikasi PT PLN WS2JB menjelaskan Regulasi tagihan listrik dan pembayaran listrik diatur dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 tentang Tingkat Mutu Pelayanan dan Biaya yang Terkait dengan Penyaluran Tenaga Listrik oleh PT PLN (Persero).

Dalam aturan tersebut,Sendy disebutkan bahwa jika pelanggan menunggak pembayaran selama 30 hari, maka PLN berhak melakukan pemutusan aliran listrik secara sementara terhadap pelanggan yang bersangkutan. Apabila dalam waktu 60 hari sejak pemutusan sementara pelanggan tersebut belum juga melakukan pembayaran tagihan listrik beserta dendanya, maka PLN berhak melakukan pembongkaran instalasi sambungan listrik. Jika sudah terlanjur dibongkar, maka pelanggan harus membayar tunggakan dan melakukan migrasi ke listrik prabayar agar dapat kembali menikmati listrik di rumahnya.

“Sebelum melakukan pemutusan atau pembongkaran, pihak PLN tentunya akan menyampaikan Surat Pemberitahuan kepada pelanggan yang menunggak,”Jelasnya.

Diterangkannya Sebagai antisipasi mencegah terjadinya tunggakan yang berakibat pada pemutusan atau pembongkaran instalasi listrik, kini PLN telah memiliki aplikasi yaitu PLN Mobile untuk mempermudah pelanggan dalam membayar listrik tepat waktu.

“Aplikasi ini dilengkapi dengan menu SWACAM atau catat meter mandiri. Dengan demikian, pelanggan bisa mengunggah foto meter listrik nya pada tanggal 24-27 setiap bulan dan dapat mengetahui perkiraan besar tagihan listrik yang akan dibayarkan pada tanggal 2 bulan berikutnya,”Terangnya.

Dengan demikian,Sendy pelanggan dapat menyisihkan uangnya untuk bayar listrik di awal bulan. Melalui PLN Mobile, pelanggan juga bisa membayar listrik kapan pun dan dimanapun.

“Metode pembayaran juga sudah terintegrasi dengan berbagai mobile banking, e-wallet, kartu kredit, bahkan ada reward undian berhadiah untuk pelanggan yang membayar listrik dengan aplikasi PLN Mobile. Monitoring penggunaan listrik setiap bulan yaga dapat dilakukan pada aplikasi tersebut. Jadi lebih tertib bayar listrik dan anti nunggak dengan aplikasi PLN Mobile,”Pukasnya.(R)

Redaksi Detiknews.tv

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Evaluasi Resolusi Diri Di Akhir Tahun 2021,

Kam Des 23 , 2021
Opini Oleh : Daeng Supriyanto   Tak terasa bergulirnya waktu demi waktu telah membawa kita pada pengujung tahun 2021 dan memasuki tahun 2022. Kini pantaslah jika kiranya kita mau meluangkan waktu sejenak untuk merenung atas perjalanan hidup kita. Baik secara individu maupun dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, sebagai rakyat biasa, […]

Kategori Berita

BOX REDAKSI